Pengenalan Materi Sistem Operasi Multimedia


PENGENALAN MATERI SISTEM OPERASI MULTIMEDIA


 




Disusun oleh :
RICKY EKA KURNIA SUSPRASETYA
Nim: 1614311020

PROGAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS BHAYANGKARA
2019



PENDAHULUAN


Komputer modern terdiri dari satu atau lebih prosesor, beberapa memori utama, disk, printer, keyboard, mouse, layar, antarmuka jaringan, dan berbagai perangkat input / output lainnya. Semua dalam semua, sistem yang kompleks. Jika setiap pemrogram aplikasi harus memahami bagaimana semua hal ini bekerja secara terperinci, tidak ada kode yang akan ditulis. Selain itu, mengelola semua komponen ini dan menggunakannya secara optimal adalah pekerjaan yang sangat menantang. Untuk alasan ini, komputer dilengkapi dengan lapisan perangkat lunak yang disebut sistem operasi, yang tugasnya adalah menyediakan program pengguna dengan model komputer yang lebih baik, lebih sederhana, lebih bersih, dan menangani pengelolaan semua sumber daya yang baru saja disebutkan.

Sistem operasi berbeda dari program pengguna (yaitu, aplikasi) dengan cara selain di mana mereka berada. Secara khusus, mereka besar, kompleks, dan berumur panjang. Kode sumber sistem operasi seperti Linux atau Windows ada di urutan lima juta baris kode. Untuk memahami apa artinya ini, pikirkan untuk mencetak lima juta baris dalam bentuk buku, dengan 50 baris per halaman dan 1000 halaman per volume (lebih besar dari buku ini). Dibutuhkan 100 volume untuk membuat daftar sistem operasi dengan ukuran ini — pada dasarnya seluruh rak buku. Dapatkah Anda bayangkan mendapatkan pekerjaan mempertahankan sistem operasi dan pada hari pertama meminta atasan membawa Anda ke sebuah kotak buku berisi kode dan berkata: "Pergilah belajar itu." Dan ini hanya untuk bagian yang berjalan di kernel. Program pengguna seperti GUI, perpustakaan, dan perangkat lunak aplikasi dasar (hal-hal seperti Windows Explorer) dapat dengan mudah dijalankan hingga 10 atau 20 kali lipat dari jumlah itu.

akses lengkap ke semua perangkat keras dan dapat menjalankan instruksi apa pun yang dapat dieksekusi mesin. Sisa perangkat lunak berjalan dalam mode pengguna, di mana hanya sebagian dari instruksi mesin yang tersedia. Khususnya, instruksi yang mempengaruhi kontrol mesin atau I / O (Input / Output) dilarang untuk menggunakan program mode. Kami akan kembali ke perbedaan antara mode kernel dan mode pengguna berulang kali, seperti gambar dibawah ini.

                      Program antarmuka pengguna, shell atau GUI, adalah level terendah dari perangkat l    lunak mode pengguna, dan memungkinkan pengguna untuk memulai program lain, seperti browser Web, pembaca email, atau pemutar musik. Program-program ini juga banyak menggunakan sistem operasi.
                     APA ITU SISTEM OPERASI?

                    Pengertian Sistem Operasi, Fungsi, Macam & Contohnya|Secara Umum, Pengertian Sistem Operasi adalah perangkat lunak (software) pada komputer yang bertugas dalam menggontrol dan memanajemen perangkat keras dan sebagai operasi-operasi dasar sistem, termasuk dalam menjalankan software aplikasi misalnya program-program pengolah data untuk mempermudah kegiatan manusia. Dalam bahasa Inggris, sistem operasi disebut dengan Operating Systematau disingkat OS. 
                       Sistem Operasi Komputer merupakan software di lapisan pertama dalam meletakkan memori komputer (memori komputer yaitu hardisk, bukan memori ram) di saat komputer dinyalakan. Lalu pada software-sofware yang lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan melakukan layanan inti umum keseluruh software-software. Layanan inti umum tersebut misalnya akses ke disk, manajemen memori, skudiling task, dan antar muka user. Sehingga setiap software tidak lagi melakukan tugas inti umum karena telah dilakukan dan dilayani oleh Sistem Operasi. 

      Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Selain dari itu sistem operasi komputer melakukan semua perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa adanya hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin, aplikasi perangkat lunak lainnya dapat memakai memori, melakukan input serta output ke peratan lain, dan memiliki akses ke setiap sistem file. Sistem operasi juga mengatur, jika aplikasi berjalan secara bersamaan, sehingga proses di komputer berjalan mendapatkan waktu yang cukup dan tidak saling mengganggu perangkat yang lain. 
                    dianggap sebagai sistem operasi (seperti sistem file) berjalan di ruang pengguna. Dalam sistem seperti itu, sulit untuk menggambar batas yang jelas. Segala sesuatu yang berjalan dalam mode kernel jelas merupakan bagian dari sistem operasi, tetapi beberapa program yang berjalan di luarnya bisa dibilang juga bagian dari itu, atau setidaknya terkait erat dengannya.
                   Sistem operasi berbeda dari program pengguna (yaitu, aplikasi) dengan cara selain di mana mereka berada. Secara khusus, mereka besar, kompleks, dan berumur panjang. Kode sumber sistem operasi seperti Linux atau Windows ada di urutan lima juta baris kode. Untuk memahami apa artinya ini, pikirkan untuk mencetak lima juta baris dalam bentuk buku, dengan 50 baris per halaman dan 1000 halaman per volume (lebih besar dari buku ini). Dibutuhkan 100 volume untuk membuat daftar sistem operasi dengan ukuran ini — pada dasarnya seluruh rak buku. Dapatkah Anda bayangkan mendapatkan pekerjaan mempertahankan sistem operasi dan pada hari pertama meminta atasan membawa Anda ke sebuah kotak buku berisi kode dan berkata: "Pergilah belajar itu." Dan ini hanya untuk bagian yang berjalan di kernel. Program pengguna seperti GUI, perpustakaan, dan perangkat lunak aplikasi dasar (hal-hal seperti Windows Explorer) dapat dengan mudah dijalankan hingga 10 atau 20 kali lipat dari jumlah itu.
                     Seharusnya jelas sekarang mengapa sistem operasi hidup lama - mereka sangat sulit untuk menulis, dan setelah menulis satu, pemilik enggan membuangnya dan mulai lagi. Sebaliknya, mereka berevolusi dalam periode waktu yang lama. Windows 95/98 / Me pada dasarnya adalah satu sistem operasi dan Windows NT / 2000 / XP / Vista adalah yang berbeda. Mereka terlihat mirip dengan pengguna karena Microsoft memastikan bahwa antarmuka pengguna Windows 2000 / XP cukup mirip dengan sistem yang diganti, kebanyakan Windows 98. Namun demikian, ada alasan yang sangat bagus mengapa Microsoft menyingkirkan Windows 98 dan kami akan sampai pada ini ketika kita mempelajari Windows secara terperinci.
                     Contoh utama lain yang akan kita gunakan di seluruh buku ini (selain Windows) adalah UNIX dan varian serta klonnya. Itu, juga, telah berkembang selama bertahun-tahun, dengan versi seperti System V, Solaris, dan FreeBSD yang berasal dari sistem asli, sedangkan Linux adalah basis kode baru, meskipun sangat mirip dengan model UNIX dan sangat kompatibel dengannya. Kami akan menggunakan contoh-contoh dari UNIX di seluruh buku ini dan melihat Linux secara detail.

TINJAUAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Gambar. (A) Pipa tiga tahap, (b) CPU superscalar
           
             menahan buffer sampai mereka dapat dieksekusi. Segera setelah unit eksekusi gratis, ia akan melihat di buffer holding untuk melihat apakah ada instruksi yang dapat ditangani, dan jika demikian, ia menghapus instruksi dari buffer dan menjalankannya. Implikasi dari desain ini adalah bahwa instruksi program sering dijalankan tidak sesuai pesanan. Untuk sebagian besar, tergantung pada perangkat keras untuk memastikan hasil yang dihasilkan adalah sama dengan implementasi sekuensial yang akan dihasilkan, tetapi kerumitan jumlah yang mengganggu dimasukkan ke sistem operasi, seperti yang akan kita lihat.
           Sebagian besar CPU, kecuali yang sangat sederhana yang digunakan dalam sistem tertanam,. Memiliki dua mode, mode kernel dan mode pengguna, sebagaimana disebutkan sebelumnya. Biasanya, sedikit di PSW mengontrol mode. Saat berjalan dalam mode kernel, CPU dapat menjalankan setiap instruksi dalam set instruksi dan menggunakan setiap fitur perangkat keras. Sistem operasi berjalan dalam mode kernel, memberikannya akses ke perangkat keras yang lengkap.

DISK
         Selanjutnya dalam hierarki adalah disk magnetik (hard disk). Penyimpanan disk dua urutan besarnya lebih murah daripada RAM per bit dan seringkali dua urutan besarnya lebih besar juga. Satu-satunya masalah adalah bahwa waktu untuk mengakses data secara acak hampir tiga kali lipat lebih lambat. Kecepatan rendah ini disebabkan oleh fakta bahwa disk adalah perangkat mekanis seperti gambar dibawah ini.
Gambar. Komponen Lapisan Disk


          Disk terdiri dari satu atau lebih piring-piring logam yang berputar pada 5400, 7200, atau 10.800 rpm. Lengan mekanik berputar di atas piring-piring dari sudut, mirip dengan lengan pikap pada fonograf 33 rpm tua untuk memutar rekaman vinil. Informasi ditulis ke disk dalam serangkaian lingkaran konsentris. Pada posisi lengan tertentu, masing-masing kepala dapat membaca daerah berbentuk lingkaran yang disebut trek. Bersama-sama, semua trek untuk posisi lengan tertentu membentuk sebuah silinder. Setiap trek dibagi menjadi beberapa sektor, biasanya 512 byte per sektor. Pada disk modem, silinder luar mengandung lebih banyak sektor daripada yang dalam. Memindahkan lengan dari satu silinder ke silinder berikutnya membutuhkan waktu sekitar 1 msec. Memindahkannya ke silinder acak biasanya membutuhkan 5 msec hingga 10 msec, tergantung pada drive. Setelah lengan berada di trek yang benar, drive harus menunggu sektor yang diperlukan untuk berputar di bawah kepala, penundaan tambahan 5 msec hingga 10 msec, tergantung pada rpm drive. Setelah sektor berada di bawah kepala, membaca atau menulis terjadi pada tingkat 50 MB / detik pada disk low-end hingga 160 MB / detik pada yang lebih cepat.

Komentar