CARA MENGINSTAL OPEN CV DAN PYTHON MENGGUNAKAN APLIKASI ANACONDA

CARA MENGINSTAL OPEN CV DAN PYTHON MENGGUNAKAN APLIKASI ANACONDA

Python

Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang diracik oleh Guido van Rossum.Python banyak digunakan untuk membuat berbagai macam program, seperti: program CLI, Program GUI (desktop)Aplikasi MobileWeb, IoT, Game, Program untuk Hacking, dsb.Python juga dikenal dengan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari, karena struktur sintaknya rapi dan mudah dipahami.(Python bagus untuk pemula yang belum pernah coding).
OPEN CV
OpenCV (Open Source Computer Vision Library), adalah sebuah library open source yang dikembangkan oleh intel  yang fokus untuk menyederhanakan programing terkait citra digital. Di dalam OpenCV sudah mempunyai banyak fitur, antara lain : pengenalan wajah, pelacakan wajah, deteksi wajah, Kalman filtering, dan berbagai jenis metode AI (Artificial Intellegence). Dan menyediakan berbagai algoritma sederhana terkait Computer Vision untuk low level API.
OpenCV merupakan open source computer vision library untuk bahasa pemrograman C/C++, dan telah dikembangkan ke phyton, java, matlab. Library dapat diunduh melalui link http://sourceforge’net/projects/opencvlibrary atau melalui http://opencv.org/releases.html
ANACONDA
Dari Continuum dibuatlah Anaconda ("Anaconda Distribution")Anaconda ini gratis, memiliki banyak package dan tool, secara setup untuk memulai sudah siap digunakan dan juga sudah termasuk Python distribution di dalamnya.
Untuk mendapatkan Anaconda ini cukup ke sini dan pilih berdasarkan sistem operasi yang digunakan. Memang cukup besar tapi ini lebih mudah dibandingkan melakukannya secara manual.
Baiklah Langsung saja kita menjalankan Instalasi Open CV dengan menggunakan Anaconda.
1. Download Software Anaconda di Link kemudian di install DISINI


2. Berikut adalah Tampilan anaconda awal kali
3. Kemudian pilih environmet dan Klik tombol play pada root Kemudian pilih terminal
4. Jika terminal Sudah terbuka Ketik kan perintah "pip install E:\Aplikasi KU\Library\Pythonopencv_python-4.1.0.25-cp37-cp37m-win_amd64.whl"  Sesuaikan file direktorynya sesuai penyimpanan anda. kemudian Enter
5. Jika sudah, maka instalasi Open CV telah Sukses.

Komentar